Lebih Seram dari Hantu Luar, Berikut Jenis-jenis Hantu yang Paling Populer di Indonesia

Diposkan oleh on 2018/04/04 - 7:49:00 AM

Tafsimix - Hantu Lokal yang Paling Populer. Dari sekian banyak genre film, film horor termasuk salah satu genre yang paling digemari oleh penonton. Tidak hanya alur cerita yang menyuguhkan sensasi seram, kehadiran sosok hantu atau makhluk ghaib yang muncul secara tiba-tiba juga menjadi daya tarik tersendiri dalam setiap filmnya. Jika dibandingkan dengan film horor dari luar negeri, banyak yang sependapat bahwa hantu lokal Indonesia tidak kalah seram. Dari beberapa jenis hantu yang kerap muncul dalam film horor Indonesia, berikut tafsi rangkum lima jenis hantu yang paling populer.

#1 Pocong
Pocong merupakan salah satu jenis hantu yang paling populer hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Pocong digambarkan sebagai sosok hantu yang dibalut kain kafan dan biasanya identik dengam gerakan melompat. Kemunculan sosok ini dalam film horor biasanya sukses membuat penonton merinding ketakutan.

Menurut ceritanya, hantu pocong merupakan arwah dari seseoramg yang meninggal dunia namun tali pocongnya tidak dilepaskan saat dikebumikan. Hal itu membuat arwah orang itu gentayangan dan meminta orang untuk membuka tali pocongnya. Sedangkan menurut ustad atau pemuka agama, pocong merupakan ulah dari jin jahil yang mencoba mengelabui manusia dengan menampakkan diri dalam wujud pocong.

#2 Kuntilanak
Salah satu jenis hantu wanita yang paling populer di Indonesia dan kerap muncul dalam berbagai film horor adalah kuntilanak. Kuntilanak biasanya digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang dengan gaun putih yang kerap nongol di atas pohon atau beterbangan sembari tertawa. Suara tawa kuntilanak sangat khas sehingga hanya mendengar suaranya saja dapat membuat orang takut.

Jenis jenis hantu paling menyeramkan di Indonesia

Dalam beberapa film horor, kemunculan kuntilanak biasanya diawali dengan kehadiran sesosok wanita cantik yang menangis sendirian di tempat sepi. Saat ada yang menghampirinya, saat itulah biasanya wanita itu berubah menjadi sosok yang menyeramkan yang membuat orang lari terbirit-birit. Menurut sebagian orang, kemunculan kuntilanak biasanya ditandai dengan adanya aroma bunga kenanga.

Baca juga : Berenang di Tepi Pantai Saat Sedang Haid, Gadis ini Tak Sengaja Undang Kuntilanak. Kisah horor tentang gadis yang koma selama tujuh hari ketika berlibur ke sebuah pulau sakral.

#3 Sundel Bolong
Satu lagi jenis hantu wanita yang juga sangat populer selain kuntilanak, yaitu sundel bolong. Sesuai dengan namanya, hantu ini biasanya digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang dengan gaun putih yang bagian belakang tubuhnya bolong. Kadang pada lubang tersebut ditunjukkan penampakan belatung yang membuat penonton bergidik.

Menurut ceritanya, sundel bolong merupakan arwah penasaran dari seorang wanita yang meninggal karena diperk0sa dan melahirkan di dalam kuburnya. Menurut mitos yang beredar, tidak hanya suka menampakkan diri untuk menakuti warga, sundel bolong juga suka menculik bayi yang baru saja dilahirkan.

Meski begitu, banyak juga yang berpendapat bahwa mitos sundel bolong sengaja diciptakan agar para wanita di masa itu tidak keluar malam sendirian dan untuk menghindari pemerk0saan.

#4 Genderuwo
Genderuwo merupakan mitos hantu jawa yang sangat populer di Indonesia. Hantu ini pernah muncul dalam berbagai film horor dan kisah nyata mengenai anak (yang katanya anak) genderuwo bahkan pernah ditayangkan di televisi. Menurut mitos jawa, genderuwo merupakan sosok hantu yang berwujud besar, tinggi, berbulu, dan memiliki wajah seram.

Baca juga : Tersesat di Desa Terpencil, Pasangan Suami Istri ini Dibawa Setan ke Kuburan Tua. Kisah horor tentang sepasang suami istri yang berbulan madu ke sebuah desa di kaki gunung.

Genderuwo sangat suka berinteraksi dengan manusia terlebih wanita. Salah satu kisah populer mengenai genderuwo adalah hantu ini suka menyamar menjadi sosok manusia menyerupai laki-laki yang istrinya ditinggal di rumah sendirian. Menyamar sebagai sang suami, genderuwo lantas meny3tubuhi sang istri dan adakalanya menyebabkan sang istri hamil.

#5 Wewe Gombel
Hantu berikutnya yang sangat populer di kalangan anak-anak adalah wewe gombel. Wewe gombel biasanya digambarkan sebagai sosok wanita tua keriput dengan p4yudara panjang menggantung. Hantu ini sangat suka menculik anak-anak terutama anak yang ditelantarkan orangtuanya tetapi tidak menyakiti anak tersebut.

Menurut mitosnya, anak yang diculik oleh wewe gombel biasanya akan ditemukan kembali di balik pohon. Meski mitos mengenai hantu ini tersebar luas, namun sebagian orang berpendapat bahwa mitos wewe gombel sengaja diciptakan oleh orangtua zaman dulu untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak keluar saat malam.

Demikianlah jenis-jenis hantu lokal yang paling populer di Indonesia versi tafsi. Sebenarnya masih ada banyak jenis hantu lainnya yang juga cukup populer di Indonesia tapi kelima hantu di atas tafsi rasa merupakan jenis hantu yang paling umum di berbagai wilayah di Indonesia.